46 Comments

Ketika melamar pekerjaan, surat lamaran kerja dan curriculum vitae (CV) adalah perwujudan dirimu dalam bentuk tulisan dan visual. “Sebaiknya surat lamaran ditulis tangan daripada diketik. Sebab, perusahaan biasanya akan menilai kepribadianmu melalui tulisan tangan yang kamu buat,” demikian saran Pramita Gayatri dalam buku Taklukkan Tes CPNS & BUMNSaat ini berbagai perusahaan memang menyewa ahli pembaca tulisan tangan (grafolog) untuk melihat karakter tulisan tangan dari surat lamaran dan CV yang kamu buat. Karena itu, dua hal tersebut perlu disiapkan sebaik mungkin.Pramita menyarankan, surat lamaran tidak ditulis menggunakan tinta yang dapat menembus kertas, sehingga tulisanmu berbayang. Sebaiknya, kamu juga tidak menggunakan penghapus tinta atau tip-ex. Jika melakukan kesalahan, lebih baik kamu tulis ulang dan beri paraf.Perlu diingat, surat lamaran harus jelas ditujukan kepada siapa. Kamu juga diimbau untuk tidak lupa mencantumkan salam pembuka dan salam penutup, serta tanda tangan di akhir surat. “Berlatihlah untuk menulis dengan rapi sebelum menulis surat lamaran,” pesan Pramita.Dalam buku terbitan Daras Books tersebut, Pramita juga menyampaikan pentingnya mencantumkan informasi yang benar pada surat lamaran dan CV. “Jika tidak,” imbuhnya, “maka akan membahayakanmu di kemudian hari.” CV biasanya berisi data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, aktivitas, dan keterampilan khusus, serta hobi. Jika kamu melamar ke perusahaan yang mensyaratkan kualifikasi fisik tertentu, maka cantumkan juga data tentang tinggi badan, berat badan, golongan darah, dan keterangan tidak buta warna pada bagian data pribadi.Pada kolom pendidikan, kamu bisa mencantumkan berbagai pendidikan informal dan atau kegiatan pendidikan lain yang pernah kamu ikuti. Misalnya, berbagai pelatihan dan program pertukaran mahasiswa.Pramita memberi catatan khusus untuk kolom pekerjaan dalam buku setebal 98 halaman ini. Menurutnya, jika kamu bekerja di suatu instansi kurang dari enam bulan, sebaiknya kamu tidak mencantumkan riwayat pekerjaanmu tersebut. “Sebab, hal ini bisa menjadi penilaian buruk pihak perusahaan terhadapmu,” tulisnya. Sebaliknya, kamu patut mencantumkan prestasi yang kamu raih semasa kerja.Sementara, kolom aktivitas dan keterampilan khusus hanya kamu cantumkan jika kamu memang memiliki aktivitas yang spesifik. Misalnya, pernah menerbitkan karya tulis atau mampu bela diri. Untuk kolom minat dan hobi, cantumkan hal-hal positif seperti membaca, menulis, dan olah raga.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.
  1. Januar Sudrajat says:

    ada masing ada lowongan buat diri saya.
    saya hanya bisa kerja saat ini.
    1.saya bisa inssalasi listrik
    2.tentang jarian computer
    3.service printer dotmetik epson
    4.ada sj kerja asal kan bisa di terima di cpns

    sebelom saya mengucapkan terima kasih,atas kepercayan
    saya bisa di terima sebagai pegawai.
    saya sangat bermohon..
    hub.08176044545/081315592888.

  2. okky dwijaya shaputra says:

    kapan yah guwe masuk cpns kalu gw masuk cpns gueh masuk kerja terus

    • qaferr says:

      perhatian !!
      perusahaan saya butuh tenaga karyawan berijazah slta gaji 5 juta per bulan
      tugasnya yaitu carikan saya kerja….

  3. riski apria says:

    saya berminat masuk lowongan cpns kalu gw masuk cpns gue masuk kerja trus

  4. melly says:

    saya mely,saya ingin kerja jadi cpns.krna sya udh lama coba2 tetapi gagal terus,msih ad gk kesemptan sya untuk jdi cpns.hubungi saya,082168601194,bila ad infomarsi lowongan cpns. Terimakasih.

  5. Sigit Purnama says:

    Saya juga siap masuk PNS ko’ Usia saya 24 th (S-1 jurusan TENIK ARSITEKTUR)
    keahlian :
    - Perencanaan,perancangan Bangunan
    - Perhitungan RAB Bangunan
    - Pembuatan maket/Miniatur

  6. lutfi says:

    kemampuan dan pengalaman saya sebagai Marketing…. juga sebagai staff kantor karena ada pengalaman cukup lama di SPBU diKlaten hingga sekarang sebagai PENGELOLA SPBU…

    ADAKAH LOWONGAN CPNS DI KLATEN INI yang mau menerima saya

  7. ziend says:

    info cpns untuk guru matematika di daerah jawa apakah masih ada??? saya berminat walau hrs ditempatkan di daerah.

    semua info kurang jelas apalagi untuk bagian kependidikan. moratorium tak berlaku untuk dosen dan guru, tapi untuk di daerah mana nya saya kurang jelas?

    saya ucapkan terimakasih kalau saya dapat diterima sebagai pegawai cpns.
    hub. 08997344535 (via sms/tlp

  8. Slamet Hariyono says:

    Saya seorang staf Tata Usaha SMK “Teknologi” Balung Jember sejak tahun 2003,apakah saya masih mempunyai kesempatan untuk menjadi PNS.

  9. wiwit says:

    ada info tuk lowongan guru bimbingan konseling pa engga? tolong dunk infonya..

  10. Desi susilawati says:

    Apakah tahun 2011 ini ada tes cpns di sumbar? Kapan ya bs terwujud jd pegawai

  11. ester jelita says:

    Apakah benar Tahub 2011 ini ada cpns?
    mudah”an ada ya
    saya ingin sekali jadi PNS
    thanx

  12. anaaaz says:

    tlooong smua infoo lwngan cpns d update n dperjlaz biar ngkk rmiit,,,smua jga jd psiing kloo infoo yg d trmaa ngk jlaaaaz,tloongggggg eaa

  13. sri wulan says:

    skg cari kerja sulit………..udh beberapa kali nglamar gak ada panggilan…………pdahal kuliah biayanya mahal……….gmn caranya agar saya bs mendapatkan pkerjaan……..

  14. Fitria says:

    Klo pilih cpns jangan hanya 3D aja?duit,dulur,deket…hehe klo pilih liat skill dan bakat..

  15. Indah Permata Sari says:

    Semoga ya impian saya untuk menjadi PNS CPT TERCAPAI…..
    AMIEN….

  16. martomuan simaremare says:

    ada ga lowongan cpns di tanjung pinang aku mao jadi pns menjadi guru bahasa inggris

  17. chee says:

    pengend ikut pengangkatan CPNS nieh,,, tp gmna cara nya ??
    sy ini lulusan management akuntansi… sy lumayan mampu nya dalam pengelolaan data..
    a. journal umum
    b. ledger (buku besar) stafel
    c. balance sheet ( neraca )
    d. laporan laba rugi

    mohon petunjuknya yah… no saya 083132001973..
    trimz..

  18. helen susanti says:

    saya tamatan universitas pgri palembang.saya sekarang honorer di sma bina bangsa saya ingin tes cpns tp tidak tau dimana tempat daerah yang menerima cpns.tolong kalau ada pengetesan cpns kasih tau ya

    • Andri Saputra says:

      Tahun ini dan tahun depan Insya Allah akan ada penerimaan CPNS, Tetapi hanya untuk Tenaga Kependidikan dan Tenaga Kesehatan, mungkin Desember ini, mudahan benar ada yah Desember ini.

  19. Leo says:

    pada adminnya, ijinkan saya untuk download format surat lamaran CPNSnya ya. terima kasih.

  20. Bayu ronal isfantri says:

    Kapan sih…..
    Sa’atx gw jd pns….
    Gw lulusan S 1 komunikasi,tp g ada gunax…
    Pdhal gw brhrap banet bs dpat pkrja’an

  21. deny ermansyah says:

    ternyata semua orang ingin menjadi sukses,,,,
    law begitu aq akan sllu berdo’a kepada ALLAH dan berusaha tawakal,,,,,,,,

  22. linda marpaung says:

    Saya Mohon Dengan Hormat, k’pda pemerintah agar kiranya diberikan kesempatan lowongan CPNS Umum ditahun in,Khusus ya di Cpns Polri Sumber Pelamar Umum 2011/2012, kiranya ada lowonangn Profesi Kesehatan(Perawat) Saya siap Melayani & memberikan pelayanan Kesehatan semaksimaln saya, harapan saya diberitahukan (Hp:083197563180).Hormat Saya

  23. h. kobul says:

    bisa ga ya gw jadi pns. umur sekarang udah 40 tahun. anak 3, laki2 satu prempuan dua. kalo saya ga diangkat jadi pns. bagaimana nanti anak saya bisa sekolah tinggi seperti saya.tolong ya pak menteri saya di angkat. saat ini saya ngajar ngaji di musholla al-muhajirin gg. kancil rt 002/04 sukapura cilincing jakarta utara.

  24. Muhardi S.pdi says:

    Saya Tamat di Sekolah tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Nurul Hakim kediri Lombok barat dan sekarang saya honor di Madrasah ibtidaiyah NW Permatan-Lombok Timur.

  25. muhlis says:

    saya seorang guru di bawah kementerian agama, keinginan menjadi PNS itu tujuan saya, akan tetapi saya belum juga terpanggil…..tolong saya n hubungi nmr 087770016344 (moehliz)

  26. EVI ERIKA says:

    SEBENERNYA ADA CARA KHUSUS MENJADI PNS TANPA UANG YAITU:
    SATU(1): bERZIKIR TANPA HENTI DARI TAHUN 2011-2013
    DUA(2): BERPUASA DARI TAHUN DIATAS
    TIGA(3): SHOLAT HAJAT
    EMPAT(40: SODAKOHKAN UANG ANDA RP.150 JUTA
    DIJAMIN!!!!!!!!!
    ANDA GOL DALAM UJIAN CPNS 2013
    HHHHAHHAHAHAHAHAAHAAA
    SELAMAT MENCOBA

  27. susilawati says:

    saya lulusan S1 TI .. pengalaman kerja di beberapa perusahaan swasta, namun saya berminat untuk menjadi pegawai PNS, saya akan abdikan diri saya untuk bekerja dengan jujur n giat. Karena saya memimpikan masuk PNS

    NO HP 087771492189/ ( 0254 ) 600208

Comments are closed.